top of page

Belajar Kecerdasan Emosional dan Spiritual melalui Outbound Literacy

Diperbarui: 27 Des 2023



Bogor- Outbound Literacy yang mengusung tema “Educated, Smart and Fun” berlangsung seru dan pernuh keceriaan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan Dana Mustadhafin ini berlangsung dua hari satu malam, 20-21 Desember 2023, di daratan berketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Tepatnya di lingkungan SMK Agribisnis Haspa, Megamendung, Bogor, dengan keindahan alam yang mengitarinya dan dengan kesejukan udara yang menyelimutinya.


Selama dua hari di sana, para peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA dari Jabodetabek menerima berbagai program yang menitikberatkan dua kecerdasan. Dua kecerdasan itu ialah kecerdasan emosional (EI) – yang menjadi prasyarat dasar menggunakan IQ secara efektif - dan kecerdasan spiritual (SI) yang memberikan makna bagi segenap tindakan-tindakan kita. Semuanya diramu dalam kegiatan yang fun. Maklum, ini adalah bagian dari kegiatan mengisi libur panjang sekolah di akhir tahun.   



Mereka di hari pertama belajar tentang literasi dan public speaking bersama instruktur berpengalaman, Kak Karvin Fadila, dari Sahabat Insan Perubahan (SIP) Development Center. Pada sesi berikutnya, para peserta belajar bagaimana mengenal diri dan meningkatkan kecerdasan berpikir bersama Direktur Indonesia Berfilsafat, Dr. Ammar Fauzi. Tak hanya itu, Dana Mustadhafin juga menghadirkan Psikolog Kak Putri Rahayu dari Official Putri Rahayu yang berbagi pengetahuan bagaimana membangun rasa percaya diri dan mengendalikan emosi. Seru kan?


Di hari kedua para peserta diajak berdekatan dengan alam melalui outbound di alam terbuka dengan menelusuri sawah dan sungai serta game kekompakan tim dan kepemimpinan, dilanjut dengan mengenalkan peserta dengan tour pertanian yang mengenalkan peserta pada kekayaan ragam tanaman dan cara membuat pupuk organik di sekitar lokasi outbound.



Dan yang tak kalah serunya ialah kegiatan outbound yang dipandu oleh Kak Sulistiyo dari Yayasan Amal Khair. Dalam kegiatan ini, peserta melatih kekompakan, keberanian, sikap respek dan kepemimpinan melalui sejumlah game  di alam terbuka.


Terima kasih kepada para donatur yang dermawan dan mitra Swoosh Coffee yang sudah mendukung kegiatan ini.

Comments


bottom of page